Cari Blog Ini

Rabu, 08 Juni 2011

.: Kuburan Sampah Lambungkan Untung Jawa


Posted by Rojali, S.Pd. 22:32, under ,,,,,,,,, |

Untuk membantu mengurangi volume sampah kiriman yang menumpuk, warga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, memiliki kebiasaan mengubur sampah di pekarangan rumah. Pengolahan lewat insinerator dan bantuan warga lokal itu kini mampu mengurangi sampah yang datang menumpang gelombang laut itu hingga tinggal sekitar enam ton.

Lurah Pulau Untung Jawa Eko Suroyo Sugeng mengatakan dikuburnya sampah di pekarangan rumah merupakan cara tradisional warga lokal. Warga Untung Jawa yang rata-rata berprofesi sebagai pembuat batako pasir laut memang memiliki kubangan di pekarangan, bekas urukan pekerjaannya itu. “Sehingga lubang besar itu diberdayakan warga untuk menimbun sampah di dalamnya,” katanya, Senin, 9 Mei 2011.

Menurut Eko, penanganan sampah dengan menggunakan insinerator yang dimiliki pihaknya tidak cukup. Alat pembakar sampah itu cuma mampu memusnahkan 3 meter kubik sampah per sekali bakar. Antisipasi lain yang dilakukan di pulau berpenghuni 2.034 jiwa ini adalah dengan memasang jaring sepanjang 100 meter di dermaga utama.

Semua cara yang dikerahkan itu mampu membuat Pulau Untung Jawa tercatat mewakili Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dalam kelompok enam besar lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-Indonesia pada 2011. Untung Jawa menyisihkan 457 kabupaten dan bersaing dengan Kabupaten Tanggamus (Lampung), Kabupaten Poso (Sulawesi Tengah), Kabupaten Badung (Bali), dan Minahasa Selatan (Sulawesi Utara) untuk menjadi nomor satu. "Penilaian akan dilakukan pada 10 Mei 2011," kata Eko.

1 komentar: